Resensi Buku : Paulus Dari Tarsus


Nama               :  Rinus Menok Sara’
NIRM              :  2020164443
Kelas               :  H Teologi


Pendahuluan
Identitas Buku
Judul Buku       : Paulus Dari Tarsus
Penulis              : Dr. Ant. Hari Kustono,Pr.
                          Dr. Ant. Hari Kuston, Pr. Seorang dosen Kitab Suci di Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Menjadi anggota Lembaga Biblika Indonesia dan Ketua Komisi Kitab Suci Keuskupan Agung Semarang.
Cetakan                       : Ke-5
Tahun terbit                 : 2012
Penerbit                       : Kanisius
Tempat Penerbit          : Yogyakarta
Jumlah Hal.                 : 111
Tujuan Penulisan Buku:
Buku “Paulus dari Tarsus” ditulis sebagai penghargaan kepada rasul Paulus dimana rasul Kristus yang sungguh setia melakukan misi Allah dalam dunia ini. buku ini ditulis untuk memperingati Tahun Paulus yaitu tanggal 28-29 Juni 2019 untuk memperingati 2000 Tahun Kelahirannya dan juga bertujuan untuk memperkenalkan lebih dekat lagi kepada para pembaca mengenai kehidupan  dan pengajaran rasul Paulus.
Keunggulan Buku
Keunggulan Buku ini cukup mudah dipahami mengenai Kehidupan dari sang Rasul Paulus dimana di muat dalam bentuk pertanyaan dan jawaban atas hal-hal yang menyangkut tentang kehidupan dan ajaran Teologis  rasul Paulus itu sendiri.

Rangkuman Gagasan utama
Sumber utama untuk mengenal Rasul Paulus bersumber dari surat-surat yang otentik yaitu 1 Tesalonika , Galatia, Filipi, Filemon, 1-2 Korintus dan Roma.  Didalam Kisah Para Rasul ia dulunya bernama Saulus dia hadir sebagai orang yang sangat fanatik yang mengejar jemaat Kristen untuk di tangkap dan diserahakan kepada ke pengadilan Mahkamah Agama Yahudi (Kis 8:3). Paulus adalah seorang Yahudi, termasuk golongan Farisi, Murid dari Rabi Gamaliel di Yerusalem. Paulus dilahirkan di Tarsus, propinsi Kilikia. Pada masa kecilnya Paulus dididik di lingkungan budaya Yunani, akan tetapi Paulus tetap berpegang teguh pada imannya sebagai orang yahudi. Ayahnya memiliki kewarga negaraan Romawi karena statusnya itu ia begitu mudah untuk memasuki wilayah kekuasaan Romawi ketika ia menjalankan karya misinya.
1.      Pandangan Paulus terhadap Hukum Taurat
Bagi Paulus Taurat bukanlah tolak ukur untuk memperoleh keselamatan karena baginya Taurat adalah penuntun sampai kedatangan Kristus (Gal 3:24-25). Dan  sampai kapan pun manusia tidak bisa melakukan hukum taurat secara sempurna sehingga yang menyelamatkan adalah respon atas Anugerah keselamatan dalam Yesus Kristus.
2.      Pandangan Paulus tentang  Yesus 
Bagi Paulus Yesus Kristus adalah penyelamat olehnya itu seluruh kehidupan manusia harus di lihat dari cara pandang Kristus bukan menurut taurat. Dalam Pengakuannya Paulus Meyakini bahwa Yesus adalah Tuhan,Kristus/Mesias, dan Anak Allah.
3.      Pandangan Paulus dengan Pembenaran karena iman
Pembenaran dalam arti Iman adalah tindakan Allah yang menerima para pendosa dan yang melakukan pembenaran adalah Allah sedangkan manusia adalah objek dari pembenaran. Pembenaran bukanlah usaha dari manusia tetapi anugerah Allah.
Paulus memahami kematian Yesus sebagai korban penebusan dosa bagi manusia dari dosa dan kuasa dosa. Berkat darah-Nya, manusia didamaikan dengan Allah. Berkat Iman akan Yesus dan Baptisan, umat beriman dibenarkan, didamaikan dengan Allah dan ditebus dari dosanya.
4.      Pandangan Paulus Tentang Kasih
Bagi Paulus kasih adalah hal yang terpenting dari semua rahmat yang diterima oleh umat Kristiani dan kasih menjadi inti dari Etika Kristiani. Paulus mengajarkan tentang kasih yang tulus, menghargai dan mengkehendaki yang terbaik untuk mereka yang di kasihi. Karena Kasih yang sejati itu Allah telah nyatakan bagi manusia melalui Yesus Kristus.

Evaluasi Kritis
1. Tata Bahasa Buku
Tata bahasa yang digunakan dalam buku cukup rapi dan mudah dipahami karena menggunakan bahasa yang sederhana meskipun ada beberapa kata yang tidak lengkap hurufnya.
2.  Struktur Buku
Struktur buku di bagi dalam bentuk pertanyaan sehingga memudahkan para pembaca untuk mengenal Paulus dari hal-hal yang spesfik tentang hidupnya dan pandangan Teologisnya.
3.Teori-teori dari buku
Teori-teori berdasarkan Rujukan Alkitab dan hasil dari penafsiran penulis dari kitab surat-surat Paulus.
4 Saran
Buku ini cukup Menolong para pembaca dalam mempelajari tentang pandangan-pandangan mengenai ajaran inti yang Paulus ajarkan kepada jemaat-jemaat yang ia layani, sehingga cukup memudahkan bagi kita untuk mengerti dari Teologi Paulus. Akan Tetapi masih membutuhkan buku-buku yang lain yang lebih menjelaskan secara detail akan pengajaran Paulus karena dalam buku ini penjelasanya masih sangat singkat.




Newest
Previous
Next Post »